Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru

Cari Blog Ini

Ajukan 10 Pertanyaan Ini Sebelum Menggunakan Jasa Desain Interior

Apakah Anda berencana menggunakan jasa desain interior? Seperti penyedia jasa lainnya, kita juga perlu mencari interior designer yang paling sesuai. Dengan begitu, proses pembuatan desain akan berjalan dengan lancar. Selain itu, hasil pekerjaan mereka kemungkinan besar juga sesuai dengan ekspetasi kita. Untuk mendapatkannya, kita perlu memahami kebutuhan serta biaya yang kita siapkan. Ajukanlah 10 pertanyaan berikut ini sebelum kita menandangani kontrak dengan penyedia jasa.


1.      Berapa biaya yang kita sediakan?

Ada beberapa alasan mengapa biaya menjadi hal penting sebelum menggunakan jasa desain interior. Pertama, kita harus bersikap realistis terhadap budget yang tersedia dengan kualitas pekerjaan yang didapat. Tidak masalah apabila budget yang kita miliki terbatas. Cukup gunakan furniture dengan budget yang sesuai. Apabila nanti memiliki budget lebih, kita dapat menggantinya. Selain itu, budget juga harus disesuaikan dengan tarif yang dikenakan penyedia jasa. Perlu diketahui, beberapa penyedia jasa tidak bersedia bekerja dengan budget yang kecil.

2.      Berapa tarif yang dikenakan interior designer?

Sangatlah penting untuk mengetahui tarif yang dikenakan interior designer. Kita dapat menyesuaikan tarif tersebut dengan budget yang kita miliki. Meskipun harus menyesuaikan dengan anggaran, janganlah mementingkan tarif di atas segalanya. Kita patut berhati-hati apabila penyedia jasa memasang tarif yang terlalu murah. Bisa saja penyedia jasa tersebut memiliki reputasi yang buruk atau hanya ingin mencari pengalaman.

3.      Seperti apa gaya kita? Seperti apa gaya interior designer?

Beberapa dari kita menganggap bahwa desain interior merupakan hal yang umum. Semua orang dapat mendesain interiornya masing-masing. Padahal, desain interior membutuhkan keahlian khusus. Jadi, kita tidak bisa langsung mendesain berdasarkan gaya interior yang kita senangi. Mintalah bantuan interior designer yang familiar dengan gaya kita. Kita dapat melihatnya melalui portofolio yang mereka miliki.

4.  Apakah penyedia jasa dapat membuat keperluan interior berdasarkan permintaan konsumen?

Keperluan interior mungkin tidak muncul di awal perencanaan kita. Namun, sangatlah penting untuk mengetahui keperluan interior yang dapat disediakan. Apabila ingin interior terlihat unik, mintalah penyedia jasa untuk membuatkan desain perlengkapannya. Jadi, furniture dan dekorasi di rumah kita tidak akan ditemui di pasaran. Namun, perlengkapan yang dibuat khusus tentu akan membutuhkan biaya lebih banyak dibanding perlengkapan yang dijual di pasaran.

5.      Apakah kita siap untuk membeli seluruh perlengkapan sekaligus?

Tidak semua interior designer bekerja sesuai rencana kita. Beberapa dari mereka mungkin meminta kita untuk membeli seluruh furniture secara bersamaan. Oleh karena itu, pastikan interior designer dapat mengikuti kemauan kita. Tanyakan juga apakah mereka dapat menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan apabila kita tidak dapat membelinya.

6.  Jenis layanan apa saja yang kita butuhkan dari penyedia jasa desain interior?

Apakah kita membutuhkan penyedia jasa selama proses pembangunan rumah? Ataukah kita hanya membutuhkan beberapa layanan saja? Berikut jenis-jenis layanan yang dapat diberikan oleh penyedia jasa desain interior.
·      Pengambilan foto dan pengukuran ruangan
·      Perencanaan lantai
·      Pembuatan desain
·      Konsultasi interior rumah
·      Berdiskusi dengan kontraktor
·      Membeli bahan material dengan konsumen
·      Mengurus pembelian dan pengiriman kebutuhan interior
·      Mengurus furniture hingga tahap pemasangannya
·      Mengawasi pemasangan keperluan interior
·      Mendekorasi ruangan dengan aksesoris yang sesuai
Apabila membutuhkan seluruh layanan di atas, carilah penyedia jasa yang berdomisili di dekat tempat tinggal kita. Selain itu, siapkan juga budget lebih sesuai dengan banyaknya jenis layanan yang digunakan. Namun, apabila hanya membutuhkan desainnya saja, kita dapat menggunakan jasa interior designer virtual.

7.  Apakah penyedia jasa memiliki testimonis?

Sebagai calon konsumen, tentu kita harus menilai dahulu kualitas penyedia jasa. Foto-foto hasil pekerjaan mereka memang dapat menjadi buktinya. Namun selain itu, kita juga membutuhkan testimoni dari konsumen sebelumnya. Dengan begitu, kita dapat menilai apakah penyedia jasa dapat diajak bekerja sama.

8.  Seperti apa rencana pekerjaan Anda?

Apakah Anda membutuhkan desain interior secepat mungkin? Atau desain interior dibuat untuk rumah baru Anda sehingga dapat dikerjakan secara bertahap? Sebelum bekerja sama dengan penyedia jasa, tanyakanlah kapan mereka dapat menyelesaikan proyek ini. Apapila kita membutuhkannya segera mungkin, mintalah interior designer untuk bekerja sama dengan supplier furniture serta kebutuhan interior lainnya.

Mengetahui jadwal pekerjaan proyek juga membuat kita dapat realistis dengan proyek yang kita buat. Mustahil untuk dapat mengerjakan desain dalam waktu sehari saja. Jadi, apabila ingin proyek cepat terselesaikan, persiapkan segalanya dengan maksimal. Pastikan semua kebutuhan interior dapat dikirim tepat waktu.

9.  Seperti apa proses komunikasi sang interior designer?

Komunikasi dengan penyedia jasa sangatlah penting, terutama jika kita menggunakan jasa interior designer secara virtual. Beberapa perusahaan desain interior virtual tidak memperbolehkah desainernya mengontak konsumen diluar media yang mereka sediakan. Namun, media yang disediakan mungkin saja mengalami gangguan sewaktu-waktu. Oleh karena itu, tanyakan bagaimana cara kita berkomunikasi secara detail.

10. Apakah penyedia jasa menyediakan layanan konsultasi setelah proyek diselesaikan?


Interior designer, khususnya yang hanya membuat desain, hanyalah bekerja pada tahap perencanaan. Namun, hasil akhirnya sangat tergantung pada desain yang mereka buat. Apabila mengalami masalah, konsumen tentu harus mengonsultasikannya lagi dengan interior desiner. Pastikan mereka bersedia berkonsultasi meskipun tahap pembuatan interior selesai dilakukan. Untuk mencegah masalah setelah proses penataan ruangan, penyedia jasa juga dapat melakukan diskusi. Setelah mereka selesai membuat desain, mereka dapat menanyakan pendapat kita. Apabila ada hal yang tidak kita sukai, kita dapat meminta mereka untuk memperbaikinya.

Ditulis oleh: Khairina Caem - Kamis, 30 November 2017