Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru

Cari Blog Ini

Cara Berkebun dan Menanam Cabe Yang Benar Tanpa Gagal

Cara Berkebun dan Menanam Cabe - Saya terapkan berawal dari suatu riset sederhana, di mana ketika kami nasib di perkotaan alias nasib di perumahan yang lahan nya sempit serta terbatas kami dapat menonton beberapa flora baik tanaman bunga alias tanaman buah jarang sekali diserang penyakit.  Faktor ini berbalik 180 derajat ketika saya pulang kampung di mana tanaman apa pun jenisnya tentu bakal diserang penyakit, semacam pohon mangga yang tumbuh di samping rumahku di kampung batangnya tak sempat normal sebab diserang hama penggerek batang namanya, sehingga batangnya alias dahannya rutin patah serta lama-lama pohonnya kan mati. Kemudian saya memilih tanaman cabai rawit sebab buah yang satu ini tak bakal terlepas dari kenasiban manusia, serta harganya kadang-kadang  menjadi isue yang hot sesuai dengan rasanya, intinya flora ini vital bagi kenasiban saya serta para pencinta gorengan.

Baiklah, kami bakal mengulas tutorial menanam cabe yang baik dan mempunyai resiko kegagalan yang rendah dengan terlebih dahulu mengetahuii jenis-jenis cabe. Faktor ini sangat penting supaya kami bisa memilih dengan baik tipe cabe yang bakal ditanam. Pasti saja kondisi lahan dan permintaan pasarlah yang bakal sangat menentukan pemilihan tersebut.

Disini kami bakal mengulas 3 dari 12 tipe cabe yang sudah dikenali. Ketiga tipe ini terbukti paling tak sedikit dibudidayakan. Apa saja itu? Ini dia:

Cabe merah
Dipasar, kami bakal menemukan cabe merah besar dan cabe keriting. Kedua tipe cabe itu terbukti tergolong tipe cabe merah. Untuk cabe merah besar, bentuknya panjang, bulat dengan ujung yang cenderung tumpul. Rasanya tak terlalu pedas, bahkan sedikit manisnya. Masyarakat Jawa tak sedikit memakai cabe ini untuk masakannya.

Kita lihat cabe merah keriting. Cabe ini bentuknya memanjang, ikal bahkan keriting dengan ujung yang runcing. Rasanya lebih pedas dengan jumlah biji yang lebih tak sedikit. Sumatra menjadi wilayah pemasaran mutlak cabe ini.

Cabe Rawit
Nyatanya cabe rawit yang rasanya pedas itu tetap terbagi lagi menjadi cabe jemprit, cabe ceplik dan cabe putih alias cengek. Cabe jemprit rasanya sangat pedas, dengan bentuk yang kecil, singkat bahkan ada yang bulat.

Untuk cabe ceplik, buahnya lebih besar dan gemuk dari cabe jemprit. Namun rasanya tak sepedas cabe jemprit. Sedangkan cabe putih buahnya langsing dan panjang, paling panjang diantara ketiga tipe cabe rawit. Ketika masak warnanya merah muda, tak semerah cabe jemprit maupun ceplik.

Paprika
Tidak sedikit orang menyebut paprika dengan cabe lonceng. Bentuk paprika terbukti bulat semacam lonceng. Cabe ini tak pedas, bahkan agak manis. Kulit dan daging buahnya tebal dengan jumlah biji yang sedikit. Paprika sebetulnya belum begitu tak sedikit dikonsumsi di Indonesia.

Bibit yang mahal dan pemeliharaan yang susah membikinnya tetap jarang dijual. Kalaupun ada, harganya tetap sangat mahal. Namun apabila diperhatikan lebih jauh, terkesan kesempatan besar dari budidaya paprika ini.

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag alias Pot saya perbuat dalam beberapa bagianan :

  1. Saya membaca beberapa referensi dari internet serta juga menonton video beberapa teknik alias Tutorial Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag alias Pot di youtube.
  2. Membeli benih ditoko pertanian, apabila kami awam jangan sungkan-sungkan bertanya alias berkonsultasi dengan pemilik kios penjual alat , obat serta benih-benih pertanian, cari benih yang unggul.
  3. Sambil membeli benih kami juga dapat membeli alat-alat yang kami perlukan semacam plastik polybag untuk penyemaian benih serta penanaman cabai rawit, pupuk anorganik, alat penyemprot hama serta juga obatnya.
  4. Menyemai benih cabai rawit dengan memakai polybag yang kecil.
  5. Sambil menantikan bibit cabai rawit berusia kurang lebih 3 – 6 minggu kami menyiapkan tempat penanaman dalam polybag besar.
  6. Seusai bibit cabai rawit siap tanam, maka kami pasang sanitasi alias tutorial irigasi memakai pipa serta selang yang terhubung dengan bak penampungan air.
  7. Masa perawatan merupakan masa yang sangat membahagiakan serta membosankan, sebab kami wajib rajin menyirami serta juga memberantas hama yang menyerang.
  8. Perawatan Tutorial Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag alias Pot dengan proses yang baik bakal menghasilkan panen yang maksimal.
Ditulis oleh: Khairina Caem - Selasa, 03 Oktober 2017