Kuah dan Bakso Sapi Enak Khas Malang Asli

bakso malang enak

Ramai pengunjung dan laris manis pada pedagang bakso malang karena memang rasanya luar biasa enak. Lebih nikmat lagi dengan pangsit dan bakwan, tapi dari segi rasa kuah bakso malang saja ada khas tersendiri yang membedakan dengan bakso lainnya sehingga dicari oleh penggemarnya. Sangat mudah menemukan abang penjual baksonya karena biasanya mangkal di perempatan jalan. Atau abang tersebut keliling di sekitar rumah kita. Baca juga : Ayam teriyaki ala hokben.

Tak sebatas bakso komplit dengan pangsit goreng ataupun bakwan, zaman modern sekarang banyak muncul jenis bakso yang lebih inovatif dan bervariasi di Malang. Asal tahu tipsnya maka teman semua tidak perlu cemas. Resep bakso malang cukup mudah dan praktis dalam pembuatannya, siapapun bisa asalkan sesuai dengan tuntunan yang di ajarkan. Mengingat sekarang banyak sekali penjual bakso nakal yang mencampurkan bahan yang mungkin tidak halal ataupun di beri pengawet.

Bahan
350 gr daging sapi yang segar
50 gr tepung sagu
100 cc air es
1 butir telur
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica
3 sdt garam

Kuah
2 liter air
600 gr lutut sapi/tulang sapi
6 siung bawang putih
1/2 sdt merica
2 batang daun bawang, iris
3 sdt garam

Langkah

  1. Bikin bakso: haluskan bahan bakso seperti bawang putih, merica, dan garam. Haluskan daging dan di campur dengan tepung sagu, bumbu halus, telur, dan juga air es. Aduk merata sambil di banting perlahan saja.
    Bentuk bulat-bulat adonan tersebut layaknya kalereng. Masukkan di air panas.
    Nyalakan apinya dan masak hingga baksonya mengapung, angkat, tiriskan.
    Kalau sudah mengapung berarti tanda bakso sudah matang.
  2. Buat kuah: haluskan bawang putih, merica, dan garam. Didihkan air, bumbu, dan tulang, masak hingga mendidih, saring. Taburi daun bawang, angkat.
  3. Penyajian bakso: Tata mie kuning dan mie soun di atas mangkuk, tambahkan bakso. Tuang kuahnya pada mangkuk, taburi daun bawang serta bawang goreng.

Bisa juga gunakan adonan bakso tersebut untuk mengisi pada tahu yang di buangi isinya sebagian. Cara pembuatannya sama saja seperti bakso yaitu dengan di rebus. Beri pelengkap tahu tersebut pada bakso tentu akan jadi lebih enak lagi.